TOP POST

Jumat, 09 Agustus 2013

Stop Benchmarking...!

Menjadi KoAs adalah kebanggaan tersendiri termasuk aku dulu (bertahun2 yang lalu) juga bangga sudah jadi KoAs, separuh dokter gigi. Minimal jas praktikum udah nggak panjang lagi dan ada gelar SKG di belakang nama.

Menjadi KoAs sudah pasti menyenangkan! begitu dulu kupikir, kemana-mana dengan jas mirip dokter, Keren!!! tapi ternyata semu saja, masalah di kehidupan KoAs ternyata nggak lebih ringan daripada masa kuliah. Biasanya megang phantom sekarang harus megang gigi pasien beneran. Jas KoAs yang dulu tampak keren itu ternyata fatamorgana, kenyataannya jas itu penuh keringat dan kadang percikan darah.

Gak hanya itu ternyata gak enaknya, semua tahu kan kalo jadi dokter gigi beda sama dokter umum? betul! dokter gigi dituntut tangannya "main" gak hanya pintar ngomong aja. Kadang itu jadi masalah loh! parahnya kebanyakan si KoAs (termasuk yang nulis) suka kemakan sama yang namanya Bencmarking yang mengarah pada OCD (Obsessive Compulsive Disorder), sori agak lebay ^^.

Benchmarking adalah membandingkan kemampuan diri mereka dengan sesama KoAs atau bahkan kalau saking parahnya membandingkan dengan dosen atau dokter gigi yang sudah lama praktik. Biasanya benchmarking bertujuan positif, sebagai penambah motivasi, namun lama-lama jadi perilaku yang negatif.

Jadi KoAs yang kemakan Benchmarking lebay bakalan cemas, marah frustasi, merasa tidak aman kalau kerjaan dia ga bener. Trus makin ga bener makin dia pengen coba  trus makin dia depresi. ternyata sob, makin kesini (baca: makin lama koasnya) makin aku tahu kalau benchmarking itu GAK perlu! Mo tahu alasannya!?

Kita ini jadi KoAs jujur aja sebenernya cuma buat dapetin dasar semua ilmu buat bekal kita nanti kalau jadi dokter gigi. Ilmu kedokteran gigi yang keren semuanya bakalan kita dapet nanti setelah kita jadi dokter dan itu ada dimanapun, gak hanya di textbook atau dari dosen. Gak ada gunanya kamu meratapi tambalan yang belang, gak berbentuk sempurna de el el kaya kamu meratapi kepergian pacar ke pelukan orang lain :p

Kalau mau dipikir ulang, udah berapa kali sih kamu nambal? kurang dari 100 gigi kan? Belang? Bentuk ga Ok? Wajar lah!! Kaya gitu jangan sampai bikin dunia di depan mata kamu runtuh ! ciee...

Dulu gak ada yang kasitau aku kaya gini, jadinya ya terjebak deh trus baru sekarang aja nih nyadar kalo salah. Tugas kamu semua jadi KoAs sederhana aja sebenernya, ikuti semua proses dan lulus dengan cepat tapi ingat jangan suka sikut kanan sikut kiri macam supir angkot (soal sikut-sikutan ini bakal aku tulis juga hehehe). Lulus cepat berarti kamu dan aku punya waktu lebih buat meningkatkan skill, percaya deh ilmu di luar kampus kadang bisa jauh lebih keren dari yang didapetin di kampus apalagi pas masih KoAs. Benchmarking?! Mati aja !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar